Banner

Breaking News

Inilah Qari Cilik Kepunyaan Bekasi




Oleh: Redaksi PCNU Kota Bekasi

Pemenang Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) kategori anak-anak di bawah usia 15 tahun, Rifqi Ainur Rohman, punya suara yang sangat merdu. Bahkan, membuat siapa pun merinding kala mendengar lengkingan suaranya.

Bocah berusia 12 tahun ini mulai mempelajari ilmu qira'at sejak Taman Kanak-kanak (TK), sekitar usia 4-6 tahun. Lebih-lebih, ia sudah punya kedekatan dengan Kitab Suci Al-Quran, jauh sebelum dirinya dilahirkan. Sebab, bapak hingga buyutnya juga terlahir sebagai Qari'.

Rifqi lahir di Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, pada 19 Januari 2006. Kini, ia tengah mempersiapkan diri untuk menamatkan studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Anshori, Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

Sejak kecil, ia sering tampil di setiap event atau ajang perlombaan adzan yang diadakan masjid dan lembaga di Bekasi, khususnya di Jatiasih dan Villa Nusa Indah. Tak hanya sekadar memeriahkan, tetapi berkali-kali Rifqi menyabet gelar juara. 

Begitu pula halnya, ia selalu memperoleh hasil memuaskan di ajang perlombaan membaca Al-Quran (MTQ). Pada 2016, Pemerintah Kota Bekasi mengadakan MTQ, dan yang keluar dengan mendapat gelar Sang Juara adalah Rifqi.

Tahun berikutnya, 2017, Rifqi kembali membuat orangtuanya tersenyum bangga dengan torehan hasilnya di tingkat provinsi. Ia pulang sebagai Juara 3 MTQ antarsekolah yang diadakan Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. 

"Saya berharap kelak, Rifqi bisa menjadi anak yang saleh dan berguna bagi agama, nusa, dan bangsa. Serta menjadi bagian dari anak bangsa yang mengharumkan agama negaranya," kata Ayah Rifqi, Ustadz Matsoni, kepada Media PCNU Kota Bekasi, pada Sabtu (28/4).

Berikut ini, secuplik video Rifqi saat tampil pada Grand Final MTQ yang diselenggarakan atas kerjasama PCNU Kota Bekasi dengan Polres Metro Bekasi Kota.


Video yang lebih panjang, klik di sini

Sebagai warga Kota Bekasi, kita harus bangga memiliki Qari' cilik berbakat seperti Rifqi. Setiap Muslim tentu punya kemampuan membaca, tapi hanya orang-orang pilihan saja yang mampu memperindah bacaan dengan suara yang memukau. 

Semoga lantunan indah suara dan fasihnya Rifqi membaca Al-Quran, menjadi pemicu kita semua untuk terus belajar dan menyempurnakan bacaan Al-Quran. 

Jadi, sudah baca Al-Quran hari ini?

Tidak ada komentar