Banner

Breaking News

Apa Bedanya Ikhlas dan Ridho?


Ilustrasi. Sumber: jabar.tribunnews.com

Pengasuh Pondok Al-Hikmah Buntet Pesantren Cirebon KH Salman Al-Farisi menjelaskan perbedaan makna ridho dan ikhlas. Banyak orang yang terkadang dibuat bingung dengan arti sesungguhnya dari kedua istilah tersebut.

Ridho itu berarti kita menjadi maf’ul atau objek. Kalau ikhlas kita jadi fa’il atau subjek,” katanya, di Kampung Jarakosta Kebon Kelapa, Desa Sukadanau, Cikarang Barat, Bekasi, pada Sabtu (2/2) malam.

Pria yang akrab disapa Kang Salman ini lantas memberikan sebuah contoh, saat seseorang kehilangan sandal usai salat berjamaah di masjid.

“Sebagai yang sandalnya hilang itu, jika merelakan disebut ikhlas atau ridho? Itu namanya ridho. Karena ke masjid bukan untuk bersedekah sandal, tapi mau berjamaah. Ternyata saat keluar, sandal hilang. Mungkin saja ada yang senang atau mungkin tertukar,” jelas Kang Salman.

Baca juga: Masuk Surga Bukan karena Banyak Ibadah

Maka keliru jika sandalnya hilang dan kemudian mengatakan, ‘saya mengikhlaskan’. Sebab itulah yang disebut ridho, bukan ikhlas.

“(Karena ridho itu) artinya kita menerima segala sesuatu yang sudah digariskan Allah,” kata Kang Salman.

Sedangkan ikhlas, imbuhnya, adalah seseorang melakukan sesuatu dengan sengaja. Misal, menyedekahkan sandal.

“Tapi kalau sudah ikhlas tidak perlu dibicarakan. Sama seperti surat Al-Ikhlas yang tidak ada satu pun kata ikhlas di dalamnya. Nah kita kalau ikhlas gak usah ngomong. Karena kalau seseorang banyak mengucapkan kata ikhlas maka keikhlasannya akan sangat diragukan,” pungkas Kang Salman.

(Aru Elgete)

Tidak ada komentar