Banner

Breaking News

Ini Kriteria untuk Jadi Seorang Penulis


Kelas Menulis Pelajar NU Kabupaten Bekasi

Jika ingin menulis, harus punya keresahan terlebih dulu. Dari situ kemudian seseorang bakal mendapatkan ide untuk menuliskan sesuatu. 

Hal tersebut diungkapkan Kontributor NU Online sekaligus Pengelola Media NU Bekasi, Aru Elgete, saat memantik diskusi, dalam pembukaan Kelas Menulis gelombang pertama yang diadakan oleh PC IPNU IPPNU Kabupaten Bekasi, di Kantor PCNU, Tambun Selatan, pada Sabtu (5/1).

"Selain resah, kalian juga harus banyak-banyak membaca. Ketika membaca, maka akan mendapatkan banyak referensi untuk ditulis dari apa yang kalian baca," kata pria yang akrab disapa Bang Aru ini.

Ia juga menceritakan alur hidupnya hingga menemukan jati diri sebagai penulis. Kemudian, para peserta pun dipersilakan untuk menceritakan alasan mengikuti Kelas Menulis. 

Tak hanya sampai di situ, Bang Aru pun memberikan pembelajaran diantaranya bagaimana menjadi penulis kreatif dan unik, serta mengembangkan ide dari lingkungan sekitar. 

Ia menyebut, bahwa ada tiga kriteria untuk menjadi seorang penulis.

"Pertama, harus ada keresahan. Kedua, ada minat dan bakat. Ketiga, memperbanyak baca buku," kata Bang Aru.

Sementara itu, Ketua PC IPPNU Kabupaten Bekasi, Nur Arfah, berharap dengan Kelas Menulis ini dapat memberikan kesadaran terhadap gerakan literasi generasi milenial.

"Semoga ini juga bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan mengangkat minat baca kita," katanya.

Sebab, lanjut perempuan yang akrab disapa Mpok Arfah ini, kesadaran terhadap pentingnya berliterasi dapat mengubah hidup dan jalan pikiran seseorang.

"Tinggi rendahnya minat baca sangat menentukan kualitas sumber daya manusia di suatu bangsa," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kelas Menulis gelombang pertama akan berlangsung kurang lebih hingga Maret. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Sabtu siang. 

Diadakan juga mekanisme absen sebagaimana belajar di kelas pada umumnya. Namun ada peraturan, jika lima kali tidak masuk tanpa keterangan, maka akan dicoret namanya dari Kelas Menulis tersebut. (Zul Fikar)

Tidak ada komentar