Banner

Breaking News

Kiai Ma'ruf: Santri Zaman Now Harus Solutif



Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma'ruf Amin mengajak para santri zaman milenial agar mengikuti dan melanjutkan perjuangan santri di zaman old yang telah berkiprah dan berjuang dengan sangat luar biasa.

Menurutnya, zaman telah berbeda. Santri di masa mendatang akan menghadapi masalah yang kompleks dan tantangan yang lebih banyak. 

"Karena itu, santri zaman now harus melengkapi diri dengan ilmu yang lebih dari cukup," kata Kiai Ma'ruf saat ceramah keagamaan dalam Istighotsah Kubro dalam rangka Hari Santri Nasional, di Halaman Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat.

Di hadapan ribuan Nahdliyin yang memadati halaman Kantor PBNU, Kiai Ma'ruf mengatakan, santri zaman now harus bisa membaca huruf-huruf Al-Qur'an, huruf-huruf yang ada di kitab-kitab klasik atau kitab kuning, dan berbagai huruf yang termaktub di dalam tatanan kehidupan masyarakat.

"Santri harus bisa membaca situasi dan kondisi kekinian, baik politik maupun ekonomi, dan sosial serta budaya," katanya.

Santri, lanjut Kiai Ma'ruf, bukan hanya harus mampu menganalisa berbagai keadaan, tetapi juga harus mencari dan memberi solusi.

"Terutama santri harus bisa menguasai berbagai fiqhiyyah. Itu untuk mengurai serta mencari solusi dari berbagai problem yang terjadi di negara ini. Kita harus menyiapkan santei dengan berbagai kelengkapan," katanya.

Santri zaman now harus menjaga bangsa dan negara agar tetap tegak. Sebab, menurut Kiai Ma'ruf, terdapat berbagai upaya yang akan menghancurkan dari gerakan-gerakan separatisme. Yakni kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

"Menurut ulama, separatisme itu dihukumi sebagai bughot atau pemberontakan yang harus diperangi dan harus dikembalikan ke pangkuan NKRI," katanya.

Sebelum menutup ceramahnya, ia mengajak para santri agar optimis menghadapi kehidupan. Bahwa santri tidak hanya bisa menjadi kiai, tetapi juga mampu mengisi berbagai posisi di segala lini. Termasuk menjadi presiden atau wakil presiden. (Aru Elgete)

Tidak ada komentar