Banner

Breaking News

Teknologi Informasi Berbasis Internet, Wajib Dikuasai Guru NU


 Heri Kuswara (kiri)


Penguasaan teknologi digital berbasis internet menjadi sebuah kewajiban yang harus dikuasai dan tak terelakan bagi Guru NU dalam menjawab berbagai tantangan zaman.

Demikian disampaikan Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Bekasi Heri Kuswara saat memberikan motivasi pada agenda 'Pergunu Kota Bekasi Halaqah in Ramadhan' di Aula Gedung NU Center El-Sa'id, Sepanjangjaya, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jum'at (1/6).

Tema kegiatan tersebut adalah 'Peran Strategis Pergunu di Era Distruptif'. Dihadiri oleh 50 peserta dari unsur siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Disiarkan langsung melalui Radio Bintang Empat Lima (R-Bama) 104,8 FM yang dipandu oleh Penyiar Senior Dahyuyu Yulianti.

"Itu (tema) sengaja dipilih dalam rangka memberikan semangat dan motivasi kepada Guru NU agar cerdas dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berbasis digital dan Internet of Thing (IoT), atau yang kini dikenal Cloud Computing," katanya.

Oleh karenanya, saat ini program strategis Pergunu Kota Bekasi adalah melaksanakan berbagai seminar dan pelatihan yang berhubungan dengan teknologi digital.

"Selain penguasaan digital berbasis intenet, Guru NU juga harus cerdas dan kreatif dalam menemukan metode pendidikan yang mampu mengembangkan kapasitas kognitif peserta didik untuk bisa berpikir kritis dan sistemik agar tetap eksis di era distruptif ini," jelasnya.

Menurut Heri, pengajaran dan pendidikan harus senantiasa disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Relevansi pengajaran dan pendidikan harus sejalan dengan perkembangan zaman serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), dengan tetap memberikan perhatian yang besar terhadap aspek kemanusiaan (humanities)," pungkasnya. (Heri Kuswara/Aru Elgete)

Tidak ada komentar