Banner

Breaking News

KKN di Desa Cipayung, Begini Pesan Wakil Katib NU Jawa Barat



Kelompok I Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 15 Sekolah Tinggi Agama Islam Haji Agus Salim (STAI HAS) Cikarang yang bertempat di Desa Cipayung, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, resmi dibuka pada Kamis (7/2) lalu.

Kegiatan pengabdian masyarakat itu bertema, 'Pendidikan Sebagai Sarana Pengembangan SDM dalam Menghadapi Peluang dan Tantangan Ekonomi Masa Kini'.

Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Kurnali Sobandi mengatakan bahwa program KKN tersebut diharapkan menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa bersama masyarakat.

"(Mahasiswa) belajar menjadi bagian dari masyarakat," kata kiai yang juga sebagai Dosen Pembimbing Kelompok I Desa Cipayung ini.

Lebih lanjut, Kiai Kurnali berharap kepada masyarakat Desa Cipayung agar turut membimbing, mengawal, dan megarahkan mahasiswa peserta KKN dalam menjalankan program.

"Agar program-program yang masih di atas langit dapat turun ke bumi," lanjut Kiai Kurnali menganalogikan. 

Program-program itulah yang kemudian dapat diaplikasikan ke dalam kegiatan yang membawa kemaslahatan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga membawa kemaslahatan dan bermanfaat bagi masyarakat," tegas tokoh ulama di Kabupaten Bekasi ini.


Selain itu, Koordinator Mahasiswa Desa Kelompok I Andri Surya Permana menjelaskan bahwa program KKN yang dibuat akan difokuskan dan disesuaikan dengan tema yang diusung. Yakni pendidikan, ekonomi, dan lingkungkan.

Andri menambahkan dari tiga program yang direncanakan itu, akan dikembangkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan, budaya dan adat masyarakat setempat.

"Kegiatan kami tentunya akan menyesuaikan kebudayaan dan adat masyarakat ditambah dengan kebutuhannya juga," pungkas Andri. (Harun Al Rasyid)

Tidak ada komentar