Banner

Breaking News

Di Depan Walikota Terpilih, Kiai Zamakhsyari Kisahkan Khalifah Umar bin Abdul Aziz


Kiai Zamakhsyari Abdul Majid

Di tahun 99-101 Hijriyah, ada seorang tokoh bernama Umar bin Abdul Aziz yang menjabat sebagai khalifah. Ketika itu, banyak pihak yang sangat keras dan radikal mencerca serta menghina eksistensi Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tanfidziah PCNU Kota Bekasi, KH Zamakhsyari Abdul Majid saat sambutan dalam acara Halal bi Halal dan Tasyakuran Ulama se-Kota Bekasi atas terpilihnya H Rahmat Effendi dan H Tri Adhianto Tjahyono Walikota dan Wakil Walikota Bekasi periode 2018-2023, di Aula Muzdalifah, Islamic Center KH Noer Ali, Kota Bekasi.

"Kita tahu antara Muawiyah dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib terjadi gesekan yang sangat keras, tetapi Umar bin Abdul Aziz tidak terpengaruh, tapi justru menjadi sosok yang menyejukkan bagi berbagai pihak yang bertikai," katanya.

Saat Umar bin Abdul Aziz dilantik, sang khalifah itu mengucapkan innalillahi wa inna ilahi raji'un. Kemudian, Kiai Zamakhsyari menganjurkan kepada Walikota dan Wakil Walikota Bekasi terpilih untuk mengatakan hal yang sama.

"Jadi, Pak Walikota dan Pak Wakil Walikota harusnya juga begitu. Saat dilantik nanti katakanlah innalillahi wa inna ilahi raji'un," tuturnya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi ini mengungkapkan bahwa jabatan adalah amanah. Kalau tak mampu menjaga dan melaksanakannya, maka yang terjadi adalah musibah.

"Artinya, bahwa kita sangat sadar kalau kita ini milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Termasuk apa-apa yang ada pada kita hanyalah milik Allah semata. Kemenangan ini, kita yakini sebagai takdir yang telah ditetapkan Allah," pungkas Pemilik Pondok Pesantren Daarul Qur'an, Setu, Kabupaten Bekasi ini.

Acara halal bi halal dibuka dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Rois Syuriyah PCNU Kota Bekasi KH Mir'an Syamsuri, dan ditutup dengan doa yang dipimpin Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Bekasi KH Sukandar Ghazali.

Tampak hadir Katib Syuriyah PCNU Kota Bekasi KH Acep Basuni, Ketua Muslimat NU Kota Bekasi Umi Hj Tati Arianingsih. Selain itu hadir pula pengurus PCNU Kota Bekasi, dan banom lainnya seperti IPNU IPPNU, serta organisasi masyarakat (ormas) dan kepemudaan se-Kota Bekasi. (Aru Elgete)

Tidak ada komentar