Banner

Breaking News

Puncak Kesedihan Rasulullah Itu adalah Isra Mi'raj




Isra Mi'raj terjadi ketika Nabi Muhammad sedang dalam puncak penderitaan, puncak kesusahan, dan puncak ketidaktentuan. Karena itu, Isra Mi'raj disebut 'Amul Huzni, yaitu tahun kesedihan.

Demikian disampaikan Rois Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Musthofa Aqil Siroj dalam ceramahnya pada Peringatan Isra Mi'raj, di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Jalan Kramat Jaya, Jakarta Utara, Sabtu (14/4).

Disebut tahun kesedihan karena selama perjalanan hidupnya, Rasulullah selalu diuji oleh Allah. Setiap orang yang membelanya, pasti meninggal. Dari mulai ayah hingga istri tercintanya.

"Nabi Muhammad lahir, begitu lahir bapaknya sudah meninggal. Sejak berusia 2 bulan di dalam kandungan ibunya, bapaknya meninggal. Usia 6 tahun, ibunya meninggal. Dipelihara kakeknya selama 2 tahun, kakeknya meninggal. Ikut paman, pamannya meninggal juga. Punya istri, istrinya meninggal," katanya.

Namun, orang-orang yang tidak suka dan membenci Nabi Muhammad dibiarkan hidup oleh Allah. Misal, seperti Abu Jahal dan Abu Lahab. Sampai suatu ketika, karena sudah sangat memuncak kesedihan, keresahan, dan kegelisahannya, ia bertanya sekaligus mengeluh kepada Allah.

"Ya Allah, saya ini jadi nabi, tapi kenapa yang membela saya meninggal semua?" kata Kiai Musthofa menirukan ucapan Nabi Muhammad.

Kemudian, Allah menjawab bahwa segala yang terjadi adalah bentuk kesengajaan agar Nabi Pamungkas itu tidak bergantung kepada manusia. Melainkan wajib menggantungkan segala sesuatu kepada Allah yang tidak pernah mati.

"Dan untuk menjawab puncak keresahan itu, Allah mengisrami'rajkan Nabi Muhammad. Keresahan Nabi, langsung dijawab oleh Allah," kata Ketua Umum PB Majelis Dzikir Hubbul Wathon (MDHW) asal Cirebon itu.

Maka itu, tambah Kiai Musthofa, penutup ayat Isra tidak sesuai dengan awalnya. Di awal, digambarkan betapa hebatnya Allah yang telah menjalankan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dalam waktu yang sangat singkat.

"Karena kehebatan Allah, harusnya di akhir ayat itu bunyinya, Innallaha 'alaa kulli syai-in Qodir. Allah Maha Hebat. Tapi ini kenapa kok malah Innahu huwassami'ul Bashir? Oh, ternyata ada yang Allah lihat dan Allah dengar sehingga Dia mengisrami'rajkan Nabi Muhanmad," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Kempek Cirebon itu menjelaskan bahwa Isra Mi'raj merupakan jawaban atas keresahan Nabi Muhammad. Allah melihat segala kegelisahan dan mendengar pertanyaan serta keluh kesah Penutup para Nabi dan Rasul itu. Maka, diisrami'rajkan.

"Nabi Muhammad mengajarkan kepada kita, kalau sudah merasa berada di puncak kesedihan, kegelisahan, dan keresahan, kembalilah kepada Allah. Caranya, dengan mengakui bahwa kita lemah. Allah hebat dan kuasa," katanya.

Karena, Allah menyukai manusia yang mengakui kerendahan di hadapan Allah. Pertama kali Allah mengajarkan doa kepada manusia, yaitu Nabi Adam adalah anjuran untuk merendah dan mengakui kebesaran Allah.

"Robbanaa dzholamnaa anfusanaa wa illam taghfirlana wa tarhamna lanakunanna minal khosiriin," pungkas saudara kandung dari Ketua Umum PBNU KH Sa'id Aqil Siroj itu. (Aru Elgete)

Tidak ada komentar