Banner

Breaking News

Bakda Jumatan, Pemkot Bekasi Resmikan Hari Santri 2019


Ketua Pelaksana Hari Santri Kota Bekasi, Muhammad Jupri

Gelaran Hari Santri 2019 di Kota Bekasi secara resmi akan dibuka oleh Pemerintah Kota Bekasi di Pasar Proyek Trade Centre Kota Bekasi, pada Jumat (11/10) siang. Sebelum pembukaan tersebut, dilaksanakan Senam Jantung Sehat terlebih dulu. 

Ketua Panitia Pelaksana Hari Santri Kota Bekasi, Muhammad Jupri menuturkan bahwa usai salat Jumat nanti, pembukaan tersebut akan secara resmi dibuka oleh Pemerintah Kota Bekasi. 

"Insyaallah akan dibuka oleh perwakilan Pemerintah Kota Bekasi. Entah itu Pak Walikota Rahmat Effendi atau Pak Wakil Walikota Tri Adhianto," kata Ketua PC GP Ansor Kota Bekasi ini, kepada Media NU Bekasi, pada Kamis (10/10).

Menurutnya, pembukaan tersebut akan dihadiri sekitar 500 santri dan perwakilan pimpinan pondok pesantren se-Kota Bekasi. Selain itu, ia mengaku telah mengundang banyak tokoh untuk hadir dalam acara yang membuka berbagai rangkaian Hari Santri 2019 di Kota Bekasi itu.

"Kami sudah mengundang Kapolres Metro Bekasi yang insyaallah akan hadir, kemudian juga Dandim 0507 Kota Bekasi, para anggota DPRD Kota Bekasi, dan seluruh masyarakat yang sangat antusias menyambut peringatan Hari Santri ini," kata Jupri. 

Ketua Pemuda Lintas Agama Kota Bekasi ini juga mengatakan, gelaran Hari Santri haruslah menjadi spirit rasa cinta tanah air yang di dalamnya juga merupakan bagian dari keimanan seorang muslim. Karenanya, ia berharap agar seluruh pihak dapat mendukung kelangsungan peringatan Hari Santri di Kota Bekasi ini.

"Kaum santri, seperti kita ketahui, telah banyak kontribusinya dalam memperjuangkan kemerdekaan republik ini. Maka, dengan adanya peringatan Hari Santri yang digelar dengan berbagai rangkaian ini mesti didukung oleh berbagai pihak," katanya.

Keesokan harinya, setelah pembukaan terlaksana, berbagai perlombaan akan diselenggarakan secara sistematis. Beberapa perlombaan yang akan diadakan itu diantaranya adalah Liga Futsal Santri dan MWCNU, Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) antarsantri se-Kota Bekasi, Lomba Paduan Suara Mars Syubbanul Wathon antarsantri dan TPA/TPQ, Festival Hadroh antarponpes dan MWCNU, Stand Up Comedy Santri, Cerdas Cermat antar-MWCNU, Lomba Mewarnai bagi TPA/TPQ, Lomba Tumpeng Hias, dan Lomba Menghafal Quran untuk santri TPA/TPQ.

Kemudian, pada 21 Oktober 2019 akan diselenggarakan Dzikir Istighotsah Malam Hari Santri di Gedung NU Centre El-Said, Jalan Bambu Kuning 200, Sepanjangjaya, Rawalumbu. Seluruh rangkaian itu akan ditutup dengan Karnaval di Alun-Alun Kota Bekasi dan diakhiri dengan Apel Akbar Hari Santri 2019 di Lapangan Pemkot Bekasi.

Di hari penutupan itu, akan dihadiri oleh seluruh pengurus PCNU, MWCNU, lembaga, dan badan otonom NU Kota Bekasi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi, Polres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507 Kota Bekasi, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi, FKPP Kota Bekasi, FKDT Kota Bekasi, Ormas Islam se-Kota Bekasi, santri dan siswa madrasah serta seluruh masyarakat se-Kota Bekasi.

Tidak ada komentar