Banner

Breaking News

Penduduk Usia Produktif Bertambah, Ini Penjelasan Alissa Wahid


Alissa Wahid (kanan)

Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh atau Alissa Wahid mengingatkan soal dampak positif dan negatif dari pertambahan jumlah penduduk usia produktif Indonesia pada 2028-2032 mendatang.

Hal tersebut diungkapkannya dalam Pembukaan Rakornas Lakpesdam NU, di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (22/12).

"Jika sejak saat ini SDM kita dipersiapkan dengan baik, maka pertambahan penduduk usia produktif Indonesia itu bisa menjadi berkah bagi ekonomi bangsa," kata putri sulung KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini.

Ia melanjutkan, salah satu cara memajukan perekonomian bangsa adalah membekali masyarakat dengan berbagai pelatihan kerja yang tersertifikasi dengan baik.

"Sehingga, penduduk usia produktif ini memiliki SDM yang tinggi dan kemampuan yang baik. Mereka dapat bersaing dengan tenaga kerja asing pada era persaingan pasar bebas tenaga kerja pada 2028-2032," jelasnya.

"Namun jika sebaliknya, dapat dipastikan bakal memunculkan persoalan sosial yaitu pengagguran besar-besaran," pungkas Alissa. (Aru Elgete)

Tidak ada komentar